SICEMPLONG DESA TEGALGOT

SICEMPLONG merupakan peogram arisan di Desa Tegalgot dengan jumlah peserta kurang lebih 50 orang. Berawal dari pengetahuan masyarakat akan pentingnya program Pola Hidup Bersih dan Sehat masih sangat minim  dan belum di dilaksanakan dengan baik oleh masyarakat, terlebih Kesehatan Lingkungan dan Kesehatan Masyarakat akan pentingnya Jamban Sehat dan MCK yang baik masih sangat kurang terlebih bagi Rumah Tidak Mampu (RTM). Desa Tegalgot masih banyak keluarga yang belum memiliki jamban serta penampungan limbah yang baik dan untuk sarana bagi Rumah tangga Miskin (RTM) yang akan buang air besar belum teratur atau belum memenuhi standar kesehatan yang baik.

Di Desa Tegalgot sendiri ada beberapa mata air dan dikonsumsi oleh Masyarakat di bawah Desa Tegalgot,akan tetapi pola Buang Air Besar Sembarangan masyarakat yg masih dilakukan Terbukti dengan angka Penderita  diare di Puskesmas Kepil  yang tinggi.

Setelah diadakannya pemicuan dari Puskesmas terkait dengan Jamban Sehat maka muncullah inisiatif untuk mengajak warga membentuk Arisan Jamban yang Kami beri nama SICEMPLONG.

Sudah ada 2 kelompok Arisan,yaitu di Dukuh Tegalgot dan di Dukuh Tegalsri.Akan tetapi karena terbatasnya dana dan biaya,untuk realisasinya berjalan sangat lambat, karena hanya 10.000 perminggu sistemnya siapa diantara peserta yang siap terlebih dahulu. Uang arisan kurang lebih 500 ribu diberikan dalam bentuk material. Jika ada kekurangan dana dicukupi oleh peserta yang mendapat arisan, demikian juga jika ada sisa dikembalikan kepada yang mendapat arisan tersebut. Kegiatan pembangunan jamban tersebut tekhnis pengerjaannya dilaksanakan secara gotong-royong masyarakat dan anggota koramil  Kepil.

Pengumuman

Statistik Pengunjung

Kami mengatakan tidak untuk

Kontak Kami

Jl. Raya Purworejo No. 396, Kode Pos 56374
Phone: (0286) 3399101 / Fax. (0286)
Email: kecamatankepil@wonosobokab.go.id
Website: https://kecamatankepil.wonosobokab.go.id